Gelar Sosialisasi Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Pemkab Samosir Komitmen Akan Terus Tingkatkan Pelayanan Publik

    Gelar Sosialisasi Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Pemkab Samosir Komitmen Akan Terus Tingkatkan Pelayanan Publik

    SAMOSIR-Pemerintah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan Ombudsman Republik Indonesia melalui Perwakilan Provinsi Sumatera Utara menggelar sosialisasi kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik di Aula Kantor Bupati Samosir, Rabu (5/7/2023).

    Sosialisasi kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik tersebut dibuka Asisten Administrasi Umum Drs. Waston Simbolon, MM yang juga dihadiri Ombudsman Perwakilan Provinsi Sumatera Utara Mory Yana Gultom dan Ganda Yoga Pangestu yang juga sekaligus sebagai Narasumber.

    Selain itu, Sosialisasi tersebut juga diikuti Dinas Dukcapil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta Kepala Puskesmas Se-Kabupaten Samosir.

    Kabag Organisasi Arnod Sitorus dalam laporannya menyampaikan, bahwa pelaksanaan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terkait peningkatan pelayanan publik sesuai UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik,

    Dalam UU No 25 tahun 2029 juga disebutkan, bahwa instansi penyelenggara pelayanan dengan baik dan harus terus meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan memberikan pelayanan berkualitas, maka Ombudsman RI akan melakukan penilaian terhadap Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik Tahun 2023.

    Arnod menambahkan, Tahun 2022 lalu, Ombudsman RI Perwakilan telah melakukan penilaian pelayanan publik terhadap 5 OPD dan 2 unit layanan Puskesmas di Kabupaten Samosir dengan nilai rata-rata 75, 14 kategori opini kualitas sedang dan berada pada zona kuning, atau kurang 2, 86 poin untuk mencapai kategori hijau. Untuk itu, masih dibutuhkan kerja keras masing-masing OPD untuk memperbaiki kualitas layanan publik.

    Bupati Samosir melalui Asisten Administrasi Umum Drs. Waston Simbolon mengatakan, Pemkab Samosir terus berkomitmen menyelenggarakan pelayanan publik yang maksimal dan terus berbenah meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

    Selain itu, aparatur pemerintah juga dituntut harus lebih profesional, jujur, handal, berdisiplin, tulus dan transparan dalam bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat selaku pemanfaat, ”ujar Asisten Administrasi Umum Drs. Waston Simbolon

    Dalam kesempatan itu, Waston juga mengapresiasi Puskesmas Buhit, Puskesmas Simarmata, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan Dinas Kesehatan, dimana pada penilaian Ombudsman RI Tahun 2022 lalu berada pada kategori Zona Hijau (opini kualitas tertinggi).

    Melalui sosialisasi ini diharapkan peserta mampu dan paham terkait tahapan dan strategi kebijakan untuk memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat baik dari sisi kualitas, waktu, kemudahan dan biaya yang harus dikeluarkan masyarakat.

    "Saya minta agar peserta mengikuti sosialisasi ini dengan sungguh-sungguh, karena dalam waktu dekat Tim Ombudsman akan melakukan penilaian kepatuhan pelayanan publik pada setiap OPD dan Puskesmas", tegas Waston mengakhiri.

    Selain melakukan sosialisasi, Tim Ombudsman Provsu juga melakukan kunjungan ke unit layanan untuk mengetahui sejauh mana persiapan yang telah dilakukan, serta hal-hal apa saja yang perlu dibenahi oleh masing-masing unit layanan dalam peningkatan layanan publik.(Karmel, rel)

    samosir
    Karmel

    Karmel

    Artikel Sebelumnya

    Naiki Sepeda Motor ke Pusuk Buhit, Bupati...

    Artikel Berikutnya

    Terima Kunjungan Kerja KP2KP Sumut, Pemkab...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Nagari TV, TVnya Nagari!
    Mengenal Lebih Dekat Koperasi
    Lake Toba, North Sumatra: A Natural Wonder and Cultural Gem
    Hendri Kampai: Merah Putih, Bukan Abu-Abu, Sekarang Saatnya Indonesia Berani Jadi Benar
    Kapolri Tekankan Peran Penting Pemuda Muhammadiyah Dalam Wujudkan Indonesia Emas 
    Tim Pembawa Pesan "The Rising Tide - A Resonance 2023 Secara Resmi Dilepas Lopo Inn Hotel Tomok
    Hadiri Peringatan Harganas Tingkat Provinsi ke-30 di Samosir, Gubernur Sumut Terus Dorong Evaluasi Bersama Upaya Penurunan Stunting
    Panen Bawang Merah Varietas Ubi Lancor 16,8 Ton/Hektar, Bupati Samosir Ucapkan Terimakasih Kepada Kementan RI
    Ngantor di Desa Rianiate, Parmonangan, Hutanamora dan Kelurahan Pintusona, Bupati Samosir Disambut Antusias Masyarakat
    Hendri Kampai: Jangan Mengaku Jurnalis Jika Tata Bahasa Anda Masih Berantakan
    Panen Bawang Merah Varietas Ubi Lancor 16,8 Ton/Hektar, Bupati Samosir Ucapkan Terimakasih Kepada Kementan RI
    Jelang Hari Raya Idul Adha 2023, Bupati Samosir Serahkan 7 Hewan Qurban Kepada Pengurus Masjid
    Danau Toba Rally 2023 Tampilkan Nuansa Promosi Destinasi Pariwisata, Kejuaraan Jadi Ajang Pertarungan Menantang
    Ditandai Pengangkatan Bendera Star, Ratusan Pesepeda Tour De Samosir Dilepas untuk Nikmati Panorama Alam
    Tim Pembawa Pesan "The Rising Tide - A Resonance 2023 Secara Resmi Dilepas Lopo Inn Hotel Tomok
    Bupati Samosir: Perbaikan Infrastruktur Harus Didukung Pelepasan Lahan
    Ditanda Penyerahan Trofi Piala Bupati, Liga Futsal Tingkat Pelajar Resmi Ditutup, Bupati: Tetap Semangat dan Tingkatkan Skil
    Jelang Pelaksanaan Event Internasional, Pemkap Samosir Gelar Rakor dan Harapkan 1 Juta Wisatawan Berkunjung ke Samosir
    Antusias Nonton Aquabike World Championship 2023, Ribuan Wisatawan Padati Waterfront Pangururan Samosir
    Bupati Vandiko Timotius Gultom Sambut Baik Kehadiran Gereja BNKP di Samosir, 27 Agustus 2023 Akan Diresmikan

    Ikuti Kami